Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengolah Ikan (Memillet Ikan )

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah ikan

1. Membersihkan Ikan
dalam membersihkan ikan kita bisa mulai dari membuang sisiknya yaitu dengan cara melawan arah sisik. kemudian mulai dengan memotong leher ikan, bagian perut ikan dibuang, membuang Insang. Membersihkan Ikan sebaiknya dilakukan dengan air mengalir.

Ikan yang telah dibersihkan untuk menghilangkan bau amisnya bisa digosok dengan air jeruk nipis, cuka atau kunyit.

2. Memilih Ikan
dalam memilih ikan yang akan diolah maka pilihlah ikan yang segar, karena kesegaran ikan dapat menentukan kualitasnya. cara mengecek ikan yang segar dapat dikenali dari baunya yang segar, tidak amis, sisik tidak lepas, mata menonjol dan terlihat jernih, insang berwarna merah cerah, dan daging kenyal ketika disentuh.

3. Memotong ikan
Untuk ikan yang memiliki tubuh  bulat dapat dipotong menyerupai Steak, atau bisa juga di fillet dengan cara membuang kulit dan tulangnya, sedangkan untuk ikan yang berbentuk pipih hanya bisa dipotong dengan cara difillet.


Tips memillet untuk jenis ikan yang memiliki tubuh yang bulat :
a. garam ditaburkan ke tubuh ikan agar ikan tidak licin di tangan, memulai dengan membuat irisan di punggung. pisau digerakan mulai dari ekor ke arah kepala sampai terpisah dari tulang. kemudian lakukan proses yang sama untuk sisi sebaliknya.

b. untuk memisahkan daging dan kulit sisipkan pisau diantara kulit dengan daging. caranya yaitu pegang kulit kuat-kuat kemudian sayat mulai dari ekor hingga ke kepala. lakukan langkah yang sama pada bagian tubuh satunya.


Tips memillet untuk jenis ikan yang memiliki tubuh yang pipih  :

a. pertama yaitu mulai dari membuat potongan di bagian tengah dari ekor ke arah kepala.


b. Pisau digerakan dadi sisi atas sirip ke arah bawah. kemudian lakukan langkah yang sama dengan sisi satunya,




Posting Komentar untuk "Tips Mengolah Ikan (Memillet Ikan )"